PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Pembelajaran sosial emosional ini diawali dengan kesadaran penuh bahwa tidaklah cukup apabila murid hanya mengembangkan kemampuan akademiknya saja, peserta didik juga perlu mengembangkan aspek sosial emosionalnya. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial emosional berperan penting dalam keberhasilan akademik maupun kehidupan sesorang.
Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional pendidik melalui upaya untuk menjadi teladan, Sementara peserta didik akan mengamati dan belajar ketika orang dewasa menahan emosi, berupaya mencapai tujuan,merespons orang lain, mengambil pandangan atau cara berfikir yang bebeda dalam memcahkan masalah dan membuat keputusan. Ketika orang dewassa dengan sengaja memberi contoh ketrampilan atau kemampuan sosila dan emosional yang kuat, maka peserta didik akan dapat melihat bagaimana menerapkan keterampilan sosial emosional dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu seharusnya kita para pendidik harus berupaya untuk selalu menjadi teladan atau contoh dalam menerapkan pembelajaran sosila dan emosional. Dalam modul ini, kita akan membahas bagaiman pendiik atau guru dapat menunjukkan contoh diatara teman sejawat, peserta didik dan keluarga.
Dalam topik ini peran dari seorang pendidik atau guru sebagai contoh atau teladan dalam pembelajaran keterampilan sosial emosional merupakan salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari terutama bagi seorang guru. Pada topik ini saya memperoleh pengetahuan baru terkait dengan bagaimana cara dalam mengontrol emosi agar ketika dalam melaksanakan pembelajaran dapat menciptakan kondisi atau suasana yang aman , nyaman dan berpihak pada peserta didik. Dengan kondisi tersebut akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Selain itu dengan mempelajari bab ini, saya mendapatkan hal baru yaitu peran pendidik sebagai media perubahan memerlukan kemampuan dalam menerapkan pembelajaran sosial emosional sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan peserta didik